Foto Multatuli

deskha October 5, 2008 0
Foto Multatuli

Inilah foto Sjaalman, yang sebenarnya Eduard Douwes Dekker, alias Multatuli, yang juga tokoh Max Havelaar dalam karyanya Max Havelaar. (Foto ini diambil dari http://www.multatuli.museum.nl terus ke “Links”, “Multatuli study pack”, “Pictorial material”, dan “Picture 8).

 

 

Inilah foto Multatuli sebagai Sjaalman, lelaki miskin dengan syal, seorang tokoh, sebagaimana halnya dengan Max Havelaar, dalam karyanya Max Havelaar (diambil dari http://www.multatuli.museum.nl; “Links”; “Multatuli study pack”; “Pictorial material”; dan “Picture 8”). Macam-macam nama untuk satu orang ini akan masuk akal bila susunan novel Max Havelaar yang berlapis-lapis dipahami.

Multatuli (Latin: Aku sangat menderita), namanya yang asli Eduard Douwes Dekker (1820-87), anak ke-empat di antara lima bersaudara kelahiran Amsterdam. Ayahnya seorang kapten kapal, dan dengan kapal ayahnya itulah ia dan Jan adiknya ikut ke Hindia-Belanda menjelang akhir 1838.

Selama 18 tahun berikutnya, Eduard Douwes Dekker menduduki berbagai jabatan dalam pemerintahan jajahan, mulai dengan jabatan kontrolir kelas dua di Natal hingga asisten residen di Lebak, Banten. Selama masa dinasnya itu ia mengalami berbagai ketidakadilan dari atasannya hingga ia tidak tahan lagi menyaksikan keadaan yang serupa di Lebak, khususnya di kalangan para pembesar pribumi.

Ia minta berhenti, pulang ke Eropa dalam keadaan sangat miskin, dan selama enam minggu menjelang akhir 1859 menulis naskah Max Havelaar di suatu hotel kecil di Brussel, Belgia. Salah satu tokoh yang diceritakan dalam karyanya itu adalah lelaki miskin bernama Sjaalman, seorang penulis yang menawarkan naskah berjudul Max Havelaar kepada bekas temannya sekolah dulu, Batavus Droogstoppel, seorang makelar kopi di Amsterdam, untuk diterbitkan.

(Undix/Parakitri).

 

%d bloggers like this: