Dari redaksi

deskha December 12, 2011 0

Dari redaksi

 

Selama Agustus-September 2011, majalah kebangsaan kita ini lumpuh karena dibajak (hacked). Karena pengetahuan dan keterampilan saya di bidang teknologi informasi sudah jauh ketinggalan (maklum sudah tua), saya minta tolong kanan-kiri, termasuk kepada anak-anak saya sendiri, untuk membebaskannya dari cengekaraman pembajak. Usaha itu berhasil, tapi saya masih tetap khawatir akan dibajak lagi dengan sama gampangnya.

Benar kata pepatah, “setiap celaka ada gunanya”. Karena pembajakan dan kekhawatiran itu, saya menyimpulkan, majalah kita ini harus dikelola secara tetap oleh tenaga yang lebih terampil. Masalahnya, hampir mustahil bagi saya mendapat tenaga semacam itu, karena yang diperlukan adalah tenaga sukarela, tenaga yang sama-sama prihatin dengan soal-soal kebangsaan kita, bukan tenaga bayaran yang “profesional”.

Keinginan saya ini rupanya diam-diam tersebar juga. Dalam keadaan berharap-harap selama dua bulan, akhirnya seorang anak muda terampil yang dibutuhkan itu pun muncul. Dalam tempo singkat ia membuat rencana pemulihan dan pengembangan majalah ini. Hasilnya adalah yang sekarang dapat Anda saksikan sendiri. Untuk sementara dia lebih senang bekerja diam-diam, tapi pada saatnya nanti dia akan tampil sebagaimana adanya.

Sambil mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada anak muda ini, kita terus saja berharap teladannya akan diikuti oleh banyak putera-puteri bangsa kita yang lain.

Catatan: Sebelum dibajak pada September 2012, Zamrudkatulistiwa.com telah dikunjungi sebanyak 170.262 kali.

Statistiknya berikut ini:

Statistik dari Versi sebelumnya

Statistik dari Versi sebelumnya

 

Selamat membaca.

 

 

%d bloggers like this: