Bagaimana Menyelenggarakan Majalah Kita

deskha October 5, 2008 0

Bagaimana Menyelenggarakan Majalah Kita

Sesuai dengan tugasnya menyiarkan masalah-masalah kebangsaan kita, majalah elektronik kita ini, Zamrud Katulistiwa, akan kita selenggarakan sebagai suatu upaya pergerakan kebangsaan juga. Meski naskah-naskah yang akan disiarkan harus memenuhi patokan-patokan kelayakan jurnalistik, bahannya berasal dari seluruh warga bangsa kita tanpa kecuali. Ini bukan semboyan, tapi cara kerja.

 Begitu sumbangan bahan dari saudara-saudara sebangsa dan setanahair masuk, redaksi akan mengumumkan pokok-pokok isinya, lalu memilih mana pokok-pokok isi yang perlu ditulis lagi dengan menyiarkannya dalam majalah kita ini untuk diketahui oleh para penyumbang. Setelah dianggap sudah memenuhi patokan-patokan layak siar, maka tulisan itu segera akan disiarkan dalam majalah kita ini atas nama penyumbang juga.
Sebagai suatu gerakan, patokan-patokan layak siar itu tidak akan dirinci sekarang, melainkan dibiarkan berkembang secara lambat-laun. Akhirnya kita semua akan menilai bahan-bahan yang disiarkan apakah sudah memenuhi syarat atau tidak. Kalau sudah, tinggal kita kukuhkan bersama. Kalau belum mari kita perbaiki bersama juga.

Tentu majalah ini harus dapat menghidupi diri sendiri. Tentang ini pun kita berharap akan berkembang cara-cara yang layak bagi kita semua. Untuk sementara mari kita sambut saja apa yang ternyata dapat disiarkan saat ini. Itu berarti hidup-mati majalah ini tidak akan kita biarkan tergantung pada kepentingan sementara orang atau kelompok. Tentang hal ini pun kita semua akan menjadi pihak yang menilai.

Selamat bekerja dalam pergerakan kita. Bahan-bahan dapat saudara-saudara sampaikan lewat e-mail [email protected]
%d bloggers like this: